Banyak Miliki Prestasi Bandur Picak dapat Pembinaan PKK Kampar

Bandur Picak ; Desa Bandur Picak yang berada diujung Kecamatan Koto Kampar Hulu, walau jauh diujung Kabupaten Kampar Desa ini memiliki beberapa prestasi dalam pembinaan Kemasyarakatan terutama dalam pembinaan Peningkatan Kesejahteraan Keluarga (PKK) .

Hal tersebut terbukti dengan berbagai kegiatan PKK dadakan di Desa Bandur Picak mulai ang dihadiri langsung oleh Ketua TP PKK Kabupaten Kampar sampai kegiatan yang diadakan oleh masyarakat tempatan.

Terakhir Kegiatan diadakan berupa pembukaan kegiatan Program Pendidikan Kecakapan Perempuan (PKHP) disertifikasi Olahan Ikan pada hari Sabtu, 21/9 yang dibuka oleh ketua TP PKK Kabupaten Kampar Hj. Nur’aini Azis yang diwakili oleh Ketua Pokja II. Hj. Dwi Astuti yang diadkan di Desa Bandur Picak Kecamatan Koto Kampar Hulu.

Dimana dua hari Sebelumnya Selasa (18/9) di Desa Bandur Picak juga digelar kegiatan penilaian desa Binaan pelaksana Program Desa Terpadu Peningkatan peranan Wanita menuju Keluarga Sehat Sejahtera (P2WKSS) Tingkat Provinsi Riau tahun 2018 yang di hadiri oleh tim penilai dari Provinsi dan Wakil Ketua TP PKK Kabupaten Kampar Ny. Muslimawati Catur.

Pada acara penilaian Desa Binaan P2WKSS Wakil Ketua PKK Kampar Muslimawati menyampaikan bahwa ini merupakan program lintas sektoral dari berbagai jenis kegiatan yang erat kaitannya dengan fungsi dan peranan kaum wanita” Kata Muslimawati Catur yang didampingi oleh Pengurus TP PKK Kampar dan PKK Kecamatan Koto Kampar Hulu.

Ditambahkan Muslimawati Wanita saat ini dapat berperan sebagai penggerak dalam mengembangkan keluarga sehat sejahtera dalam rangka pembangunan masyarakat desa” Tambahnya lagi.

Selain Desa Bandur Picak ada dua Desa ang diusulkan oleh Pemkab Kampar yakni Desa Parit Baru Kecamatan Tambang dan Desa Bukit Melintang Kecamatan Kuok, namun dari pembinaan dan penilaian oleh Provinsi dan PKK Kampar yang kita lakukan maka terpililah Desa Bandur Picak yang menjadi wakil dari Kampar untuk Provinsi Riau” Kata Muslimawati lagi yang didampingi oleh Wakil Ketua PKK Kampar Juni Mastuti Yusri dan Anggota PKK Kampar lainnya.

Dan kita berharap Desa Bandur Picak pendapat penilaian dan perhatian dari tim Penilai sehingga nantinya dapat mewakili Provinsi Riau untuk Tingkat Nasional” Harapnya lagi.

Sementara itu Bandur Picak juga mendapat perhatian dalam pembinaaan kaum wanita pada kegiatan Program Pendidikan Kecakapan Perempuan (PKHP) disertifikasi Olahan Ikan. Pada kesempatan tersebut TP PKK Kampar yang diwakili oleh Ketua Pokja II. Hj. Dwi Astuti membuka secar resmi kegiatan tersebut.

Dalam arahan ia menyampaikan bahwa kegiatan pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan yang pada gilirannya dapat memposisikan kaum perempuan sebagai pelaku pembangunan dalam kehidupan masyarakat, kita telah berupaya keras agar perempuan Kampar lebih mandiri lagi sebagi penggrak perubahan dan pembaharuan untuk meningkatkan potensi dan kualitas dirinya, bukan saja sebgai ibu Rumah Tangga yang kita asumsikan selama ini” Kata Dwi Astuti lagi.

Sehingga akhirnya kaum perempuan dapat memberikan kontribusi dalam peningkatan ekonmi keluaraga sekaligus menjadi ibu Tumah Tangga bagi keluarganya” Tutup Swi Astuti.

Sementara itu Camat Koto Kampar Hulu Tengku Said Hidayat mengucapkan terima kasih atas perhatian dan pembinaan yang telah dilakukan oleh PKK Kampar maupun PKK Provinsi Riau yang telah menjadikan Desa Bandur Picak sebagi Desa binaan semoga ini akan memberikan perubahan bagi masyarakat desa yang ada di Kecamatan Koto Kampar Hulu” Kata said yang didampingi oleh Ketua PKK Kecamatan Koto Kampar Hulu Meyrissa Assegaf Said dan para Kepala Desa dan PKK Desa se Kecamatan Koto Kampar Hulu tersebut. (Diskominfo Kampar)