Kabupaten Kampar Terima Penghargaan Desa Terbaik 2018

Jakarta, Kampar kembali mendapatkan reward dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Republik Indonesia, di hotel Sultan Jakarta. 29/11

Dari 33 daerah di Indonesia Kabupaten Kampar dalam hal ini Desa Gunung Sari Kecamatan Gunung Sahilan masuk sebagai penerima penghargaan desa terbaik mewakili Provinsi Riau berdasarkan pengukuran IDM (Indeks Desa Membangun) tahun 2018 yang langsung di serahkan oleh Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi RI Eko Putro Sandjojo dan diterima oleh Bupati Kampar H Azis Zaenal SH MM yang diwakili Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Kampar Febrinaldi Tridarmawan S.STP, M.Si didampingi Kepala Desa Gunung Sari Kecamatan Gunung Sahilan Indra Kurniawan SE.

Selain menerima penghargaan Desa Gunung Sari juga mendapat bantuan dana stimulan Bumdes sebesar Rp.150 juta dari kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Republik Indonesia.

Bupati Kampar yang diwakili Kepala Dinas PMD Febrinaldi Tridarmawan S.STP, M.Si mengatakan bahwa dari 12 Kabupaten/Kota yang ada di Provinsi Riau, desa Gunung Sari Kecamatan Gunung Sahilan Kabupaten Kampar berhasil meraih penghargaan IDM terbaik dengan nilai tertinggi dan ini pencapain yang sangat membanggakan.

“Kita mengharapkan prestasi yang membanggakan ini menjadi contoh bagi desa-desa lain yang ada di Kabupaten Kampar sehingga pembangunan yang ada di desa di Kabupaten dapat maksimal serta masyarakat betul-betul merasakan manfaatnya menuju desa yang mandiri dan sejahtera.”ujar Febrinaldi

Selain itu Febrinaldi juga menghimbau agar seluruh kepela desa dan perangkat desa serta lembaga kemasyarakatan yang ada secara bersama membangun desanya dengan sungguh-sungguh sehingga anggaran desa dapat bermanfaat bagi masyarakat dalam membangkitkan perekonomian dan infrastruktur yang betul-betul menjadi kebutuhan masyarakat di desa masing-masing.

Pada sesi penyerahan penghargaan, juga dilakukan penyerahan penghargaan pendamping desa terbaik PD,PDTI,dan PLD, desa terbaik dalam penguatan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa, desa terbaik dalam pemanfaatan prioritas penggunaan dana desa dan padat karya tunai, desa terbaik dalam prakarsa dan inovatif, desa terbaik dalam pelayanan informasi dan transparansi publik.

Kades Gunung Sahilan Indra Kurniawan usai acara mengatakan target kedepan akan mendirikan agrowisata sebab desa harus mempunyai icon yang dikembangkan agar masyarakat mampu mandiri.

“kita akan merubah mainset dari pembangunan menjadi perkembangan ekonomi khususnya masyarakat desa dalam hal ini kita akan mengembangkan agrowisata buah-buahan dan ini sudah kita jalankan”.ujar Indra

Diharapkan dengan penghargaan yang didapat ini masyarakat desa Gunung Sari termotivasi untuk dapat lebih pro aktif lagi dan bersama-sama membangun desa demi kesejahteraan masyarakat secara keseluruhan.lanjut Indra

“Saya juga mengucapkan terima kasih kepada masyarakat desa Gunung Sari yang telah mendukung setiap program pembangunan yang dilaksanakan selama ini, semoga ini bisa dipertahankan dan ditingkatkan lagi.”ucap Kades yang murah senyum ini. (Kominfo /Humas)