post image

Antisipasi Peredaran Produk Kadaluarsa, Jajaran Polres Kampar Gelar Operasi K2YD Serentak

Kamparkab - Untuk mengantisipasi beredarnya produk kadluarsa, Sabtu (17/12/2016), Polres Kampar dan Polsek Jajarannya menggelar Kegiatan Kepolisian Yang Ditingkatkan (K2YD) secara serentak disejumlah tempat dan lokasi di wilayah hukum Polres Kampar, dengan sasaran makanan dan minuman yang kadaluarsa.

Pelaksanaan K2YD ini dilakukan dalam rangka mengantisipasi peredaran makanan dan minuman yang sudah kadaluarsa menjelang perayaan Natal dan tahun baru 2017.

Untuk di wilayah Bangkinang Kota, kegiatan dipimpin Kaur Mintu Sat Reskrim Aiptu Zainal Arifin bersama beberapa personil Sat Reskrim, dengan melakukan pengecekan kebeberapa supermarket dan toko swalayan yang ada di kota Bangkinang, antara lain toko swalayan Malaya di Jalan Agussalim dan toko swalayan Rangoon di Jalan D.I. Panjaitan.

Dari hasil pengecekan tidak ditemukan makanan dan minuman kemasan yang sudah kadaluarsa, petugas juga menghimbau kepada pihak pengelola untuk tidak menjual produk makanan dan minuman yang telah melewati batas waktu edar serta penggunaanya.

Untuk Polsek Tapung kegiatan dipimpin langsung oleh Kapolsek Kompol Darmawan SH, MH beserta 5 personil, dengan mendatangi toko grosir makanan dan minuman di Pasar Plamboyan Desa Tanjung Sawit.

Dilokasi ini ditemukan sejumlah makanan dan minuman kadaluarsa antara lain 2 kaleng roti merk unibist, 4 kaleng susu merk Queens dan 2 botol sirup merk Pohon Pinang yang sudah melewati betas waktu edar (expire), selain itu juga ditemukan beberapa lusin minuman keras jenis Bir merk Guinness dan Anker Beer. Terhadap barang-barang tersebut dilakukan penyitaan dimana sebelumnya dibuatkan berita acara penyitaannya.

Polsek-polsek lainya juga terpantau melakukan kegiatan yang sama, antara lain Polsek Siak Hulu yang melakukan kegiatannya di wilayah Pandau Jaya, Polsek XIII Koto Kampar di Desa Muara Takus, Polsek Tapung Hulu di daerah Pasar Sukaramai dan Polsek Perhentian Raja yang melakukan kegiatannya di Desa Sungai Pinang dan Pantai Raja.

Dari beberapa kegiatan Polsek Jajaran Polres Kampar ini tidak ditemukan produk makanan dan minuman yang kadaluarsa, petugas juga menghimbau pemilik kios dan warung makanan untuk meneliti barang dagangannya sehingga tidak menjual produk makanan dan minuman kadaluarsa yang membahayakan kesehatan konsumen.

Kapolres Kampar AKBP Edy Sumardi Priadinata melalui Paur Humas Polres Kampar IPTU Deni Yusra kepada wartawan menyebutkan, secara keseluruhan kegiatan K2YD di Jajaran Polres Kampar ini berlangsung dengan aman, tertib dan lancar. "Semoga kegiatan ini memberi manfaat bagi masyarakat agar terhindar dari membeli dan mengkonsumsi makanan dan minuman yang telah kadaluarsa," ucap Deni.(kamparkab 14)

Berita Terkait