post image
Pelatihan Peka dan Menjahit Resmi di Tutup

DPPKBP3A dan TP-PKK Terus Bina Peserta Pelatihan

BANGKINANG (KAMPARKAB) ; Dinas  Pengendalian Penduduk,  Keluarga Berencana,  Pemberdayaan Perempuan  dan Perlindungan Anak (DPPKBP3A) Kabupaten Kampar telah melaksanakan  Pelatihan Keterampilan Perempuan Kepala Rumah Tangga (Peka) berupa pelatihan  membuat Aneka Kue dan Pelatihan Menjahit Mukena dan Sulam Pita yang dilaksanakan di Stanum Bangkinang. 

Pelatihan Keterampilan Perempuan Kepala Rumah Tangga (Peka)   telah berlangsung selama 5 (lima) hari, 13-17 November 2017 dan pelatihan menjahit Mukena dan Sulam Pita  telah berlangsung selama 25 (dua puluh lima) hari,  13 November-07 Desember 2017. 

Kedua pelatihan tersebut ditutup secara resmi oleh  Kepala  Dinas  Pengendalian Penduduk,  Keluarga Berencana,  Pemberdayaan Perempuan  dan Perlindungan Anak (DPPKBP3A) Kabupaten  Kampar Drs.  Edi Afrizal, MSi, di Stanum Bangkinang, Kamis lalu (7/12/17). 

Kepala DPPKBP3A Kabupaten Kampar Edi Afrizal saat menutup Pelatihan Keterampilan Perempuan Kepala Rumah Tangga  dan Pelatihan Menjahit Mukena dan Sulam Pita mengharapkan kepada seluruh peserta agar sesampainya  didaerah masing-masing bisa manfaatkan ilmu yang didapat. “Berdayakan  dan tingkatkan partisipasi  diri ditengah-tengah kehidupan masyarakat dan keluarga melalui kegiatan-kegiatan yang positif dengan keterampilan yang telah dimiliki, sehingga kaum perempuan dapat ikut berperan didalam pembangunan Kabupaten Kampar kedepan,” ujarnya. 

Hal ini juga sejalan dengan harapan Bupati Kampar terwujudnya program 3I, Infrastruktur, Industri dan Investasi. “Saya menekankan kepada  peserta, prakatekkan ilmu dan keterampilan  yang telah didapat dari pelatih,  perkuat rasa percaya diri, manfaatkan bantuan peralatan  sebagai modal awal dalam berwirausaha, jangan berputus asa, tingkatkan terus  kemampuan   dengan mencoba dan mencoba sehingga  kemampuan peserta selalu terasah,” ujarnya. 

Diingatkan Edi bahwa hanya dengan niat dan kemauan dari diri masing-masing yang diiringi dengan doa maka  usaha itu akan dapat berhasil. “Secara bertahap Dinas DPPKBP3A dan TP-PKK akan  berusaha maksimal membina peserta sekalian, jangan bosan dan terus berkonsultasi dan berkoodinasi dengan dinas instansi/terkait yang setiap saat  akan menampung dan membantu permasalahan yang akan dihadapi nantinya,” ujarnya. 

Sementara itu Ketua Panitia Pelaksana  Elis Suryani,  menyampaikan peserta pelatihan berasal dari 21 kecamatan. Kepada peserta pelatihan keterampilan Peka  diberikan materi membuat aneka kue kering, aneka kue cake,  dan aneka kue jajanan pasar. Sedangkan kepada peserta  pelatihan menjahit mukena dan sulam pita  diberikan materi menjahit  mukena dan sulam pita  serta peralatannya. 

Kepada peserta juga diberikan piagam, sertifikat, uang saku dan peralatan kebutuhan. Saat penutupan Kepala DPPKBP3A Edi Afrizal menyerahkan hadiah kepada peserta menjahit terbaik.  (HJ)

Berita Terkait