post image

Hari Pahlawan Cermin Pengorbanan, Keteladanan dan Keteguhan

Kamparkab - Melalui peringatan Hari Pahlawan mari jadikan sebagai cermin tentang pengorbanan, keteladanan dan keteguhan para pejuang dalam menggapai kemerdekaan dan harapan masa depan yang lebih baik, terbebas dari penjajahan.

"Tumbuh kembangkan nilai persatuan, keperintisan dan kesetiakawanan sosial, karena nilai kepahlawanan sejatinya tidak akan usang diterjang zaman karena banyak yang harus diperjuangkan, diimplementasikan dan direvitalisasi oleh generasi penerus di setiap masa sesuai perkembangan zaman, dengan terus bekerja melanjutkan perjuangan para pendahulu untuk mewujudkan masyarakat yang adil dan sejahtera," kata Bupati Kampar H Jefry Noer membacakan sambutan Menteri Sosial RI pada peringatan Hari Pahlawan 10 November di Lapangan Pelajar Bangkinang Kota bersama Forkopimda, Pimpinan Satuan Kerja Pemerintah Daerah (SKPD), Aparatur Sipil Negara (ASN), TNI, Polri dan kalangan pelajar.

Bupati melanjutkan, peringatan Hari Pahlawan tahun ini difokuskan untuk membangun kesadaran dan ingatan kolektif seluruh Bangsa Indonesia sebagai representatif pengakuan, penghormatan dan penghargaan dari nilai kejuangan untuk di implementasikan dalam kehidupan bernegara di masa kini dan akan datang.

Menghadapi tantangan persatuan, keutuhan dan produktifitas bangsa, mulai dari konflik intoleransi antar umat beragama, berkembangnya faham radikalisme, tawuran pelajar maupun antar kampung, maraknya penyalahgunaan narkoba, kekerasan terhadap anak dan perempuan dan persoalan bangsa lainnya, masih jauh dari apa yang dicitakan dan diperjuangkan pendiri bangsa.

Karena itu, lanjut dia, tugas berat bagi semua generasi penerus untuk mewujudkan dan menjadikan Bangsa Indonesia menjadi negara maju dan bermartabat. "Untuk itu melalui momentum ini kita jadikan langkah baru membangun keyakinan dan rasa optimisme," katanya.

Kemudian, kata Jefry, juga sebagai bentuk penghargaan atas jasa dan pengorbanan para pahlawan dan pejuang untuk mewujudkan kemerdekaan dan menjaga tetap utuhnya NKRI.

Bupati menambahkan tugas penerus bangsa saat ini adalah memberi makna baru kepahlawanan dan mengisi kemerdekaan sesuai dengan perkembangan zaman.  (Humas Kampar/Farhan)

Berita Terkait