post image

Kampar Juara II di Porprov IX 2017, Ini Kata Bupati Kampar

BANGKINANG Kota – Kontingen Kabupaten Kampar harus puas berada di posisi kedua pada Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Riau IX tahun 2017 dengan koleksi 70  medali emas, 58 perak dan 63 perunggu.

Menyikapi hasil itu, Bupati Kampar H Azis Zaenal ketika diminta tanggapannya  usai acara penutupan Porprov IX tahun 2017 di Stadion Tuanku Tambusai, Bangkinang, Rabu (8/11/2017) malam mengatakan,  dibandingkan posisi Kampar pada Porprov sebelumnya tahun 2014 di Indragiri Hulu, Kampar telah berhasil memperbaiki peringkat dari rangking ketujuh naik menjadi rangking kedua pada Porprov  IX 2017 tahun ini. “Ini suatu prestasi dan saya bersyukur kepada Allah SWT karena prestasi anak-anak saya luar biasa,” kata Azis.

Mengenai langkah kedepan, Azis mengaku sudah memikirkan dari jauh bahwa para atlet ini adalah asset daerah dan harus dibina dengan baik. Pembinaan ini juga telah didukung sarana dan prasarana olahraga yang semakin lengkap.

Ia menghimbau anak-anak Kabupaten Kampar benar-benar mengikuti cabang olahraga secara komprehensif.  “Ayo berlatih, Insya Allah Pemda akan perhatikan dengan baik,” kata Azis.

Sebelumnya,  Azis kepada wartawan usai dialog interaktif di RRI Pekanbaru yang disiarkan langsung di Media Centre,  Senin (7/11/2017) mengaku cukup puas atas prestasi yang diraih atlet Kampar.  “Memang kita berharap juara umum. Tapi ini juga keniscahayaan juga. Artinya mereka dari Bengkalis sudah mempersiapkan atletnya dengan baik. Buktinya saja, kontingen Bengkalis lebih banyak jumlahnya dari kontingen tuan rumah. Ini luar biasa, artinya mereka serius,” beber Azis.

“Barangkali, kita ini kurang menyiapkan diri. Dari hitung-hitungan angka, saya berharap kemarin itu 76-78 medali emas. Tapi sekarang baru mendapat 63 medali. Tapi Bengkalis sudah di atas 80. Tidak bisa terkejar lagi, “ kata Azis saat itu.

Namun ia mengaku bangga, sebab semuanya adalah anak-anak Ria.  “Mau Bengkalis juara, mau Kampar, mau Pekanbaru, kalau buat saya itu sama saja.  Yang penting,  anak-anak kita, dari putra-putri Melayu terbaik,” katanya.

Ketua DPW PPP Riau ini menucapakan terima kasih kepada kontingen Bengkalis.  “Kami juga mengapresiasi. Pembinaan dari KONI Riau sudah sangat luar biasa. Ini menandakan kebangkitan Riau di dunia olahraga di masa yang akan datang,” ulasnya.

Terkait dengan KONI, apakah akan dilakukan evaluasi, menurut Azis  itu tergantung kepada internal KONI.  “Kalau sudah bagus, lanjutkan. Kalau perlu dievaluasi, dievaluasi.  Kalau sudah baik, kita tingkatkan. Tidak ada gejolak kok,” katanya.

Untuk kedepan, atlet Kampar akan dilakukan pembinaan lebih lanjut.  Untuk sistem dan formatnya akan masih sedang dicari format yang pas.  “Apalagi,  venue kita sudah punya. Banyak di sini.  Fasilitas sudah ada.  Orangnya banyak. Dana juga akan kita siapkan dari APBD. Supaya olahraga Kampar ini terus menggeliat,” pungkasnya.

Berita Terkait