post image

Ketua TP-PKK Kabupaten Kampar Langsung Lakukan Penilaian Hati PKK

Kuok,kamparkab.go.od ; untuk melihat langsung kegiatan TP PKK di desa-desa dalam menggerakkan masyarakat untuk dapat menanam tumbuh-tumbuhan yang bermanfaat bagi keluarga, baik itu tanaman obat-obatan maupun tanaman yang hasilnya dapat di konsumsi bersama keluarga, Ketua TP-PKK Kabupaten Kampar Nuraini Azis Zaenal langsung turun ke desa Lereng Kecamatan Kuok dan Desa Salo Timur Kecamatan Salo dan menilai TP PKK desa yang berhasil mengajak warganya untuk memanfaatkan lahan atau halaman rumah. Senin, 23/10.


Selain itu juga, Ketua TP-PKK Kabupaten Kampar menanyakan berbagai kegiatan perlombaan yang telah dilaksanakan oleh TP-PKK Kecamatan terhadap desa sehingga masyarakat khususnya ibu-ibu di desa mengerti akan manfaat tanaman toga.
“Banyak sekali yang bisa kita tanam tumbuhan yang bermanfaat bagi keluarga, kunyit, lengkuas, sirih, Srei, dan lain sebagai, selain bisa di konsumsi juga bisa untuk obat-obatan.”tutur Nuraini


Tanaman tersebut tidak perlu lahan yang luas, jika tidak lahan bisa ditanam di folibek atau wadah bekas yang bisa di lakukan penanaman di wadah tersebut.


Nuraini menjelaskan Hati PKK merupakan suatu gerakan masyarakat dengan memanfaatkan halaman di sekitar rumah, minimal untuk memenuhi kebutuhan dan tabungan keluarga serta meningkatkan tanaman obat keluarga (Toga), begitu juga tanaman hias yang berfungsi untuk keindahan dan kenyamanan rumah.


Lebih jauh Dikatakannya, Hati PKK dapat terwujud melalui Gotong royong seluruh anggota keluarga dengan mengoptimalkan tanaman pangan produktif yang nantinya dapat bernilai ekonomi tinggi serta dapat juga digunakan sebagai tabungan.


“Jika pekarangan tampak indah dan asri, mencerminkan penghuni rumah tersebut memiliki jiwa yang sehat”. Ujar Ibu Bupati yang penuh senyum ini
Selanjutnya ia menghimbau kepada ibu-ibu PKK dan masyarakat bahwa dengan Toga dan Hati PKK kita Wujudkan Kampar yang maju dan bisa menjadi contoh untuk daerah-daerah lain, dengan cara mengembangkan potensi-potensi yang ada pada diri sendiri serta berinovasi melalui ide-ide baru yang dapat menguntungkan dalam membantu perekonomian keluarga.


“Terutama untuk ibu-ibu saya sangat mendorong untuk dapat berperan aktif dalam membantu suami dengan melakukan hal-hal kecil seperti memanfaatkan pekarangan rumah kita serta menanam tumbuh-tumbuhan yang bermanfaat”. Kata Nuraini Azis (Humas)

Berita Terkait