post image

Ketua Lembaga Wasit Juri PB IPSI Jakarta Saksikan Cabor Pencak Silat

BANGKINANG,kamparkab.go.id ; Pertandingan cabang olahraga (pencak silat) Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Riau IX tahun 2017 yang di gelar di GOR Pencak Silat Kampar di Muara Uwai,  mendapat kunjungan dari Ketua Lembaga Wasit Juri  PB IPSI (Pengurus Besar Ikatan Pencak Silat Indonesia) dari Jakarta Maskat Mujiono dan rombongan, Selasa (31/10).
 
Kedatangan Ketua Lembaga Wasit juri dari PB IPSI ini disambut olehTechnical Delegate (TD)  Zulhendri,  Ketua Dewan  Pertandingan Zubair dan Ketua Umum Panitia Pelaksana Cabor  Pencak Silat M.  Salim. Ketua Lembaga Wasit Juri PB IPSI dan rombongan ini menyaksikan dengan seksama partai tanding yang berlangsung. 
 
Maskat Mujiono usai menyaksikan pertandingan cabor kepada wartawan menyampaikan bahwa dari pengamatannya,  wasit juri yang memimpin pertandingan cukup profesional dan netral.  "Sekilas wasit cukup netral, " ujarnya. 
 
Ia menegaskan pada saat wasit juri memimpin pertandingan,  mereka harus netral tanpa melihat latar belakang atlit,  siapa pelatihnya dan dari mana asalnya.  "Kalau wasit juri salah mengambil keputusan berdampak kepada kerugian kepada atlit,  kontingen dan daerah, " ujarnya. 
 
Menurut Maskat,  wasit juri sudah bagus,  hanya saja ia melihat persoalan ada pada atlit sendiri.  "Stamina atlit kelihatan cepat menurun, memasuki babak ketiga, rata-rata atlit sudah kedodoran staminanya, " ujar Maskat. 
 
Untuk itu ia mengingatkan atlit agar berlatih lebih kuat sehingga stamina terjaga.  "Kalau segi teknik saya lihat cukup bagus,  tinggal lagi bagaimana melatih stamina agar kuat, " ujar Maskat. 
 
Usai Porprov ini,  para atlit digembleng lagi untuk memantapkan teknik dan stamina sehingga bisa membawa nama Riau di kancah Nasional. "Porprov ini salah satunya untuk mencari bibit pada PON 2020, maka dari sekarang,  atlit harus berlatih lebih keras lagi," ujarnya. 
 
Sementara itu,  Ketua Umum Panitia Pelaksana Cabor Pencak Silat M. Salim yang juga Ketua Pengkab IPSI Kampar menyampaikan apresiasi atas kunjungan Ketua Lembaga Wasit Juri  pada pertandingan cabor Pencak Silat ini. "Kehadiran Ketua Lembaga Wait juri PB IPSI dan rombongan ini akan mampu memberi support kepada wasit juri yang bertugas pada pertandingan cabor pencak silat, " ujarnya. (HJ) 
Berita Terkait