post image

Pemkab Kampar Dukung Penguatan Lembaga Pengawasan Pemerintah Daerah

JAKARTA ()KAMPARKAB) – Dalam rangka peningkatan pengawasan internal pemerintah untuk mendorong tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih pemerintah pusat melalui Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) mengadakan Rapat Koordinasi Pengawasan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (Pemda) Tingkat Nasional.

Acara dilaksanakan di Hotel Bidakara Jakarta dibuka oleh Wakil Presiden RI H M Yusuf Kalla, Kamis (30/11). Rakor diikuti oleh Gubernur, Bupati/Wako dan Inspektur seluruh Indonesia. Pada acara tersebut juga dilakukan Penandatangan Mou Sinergitas APIP dan APH dalam mengawal pembangunan Daearah yang ditandatangani oleh Mendagri, Kapolri dan Jaksa Agung.

Bupati Kampar H Azis Zaenal SH MM ) menjelaskan, bahwa Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kampar sangat mendukung pemerintah dalam peningkatan tata kelola Pemerintahan serta penguatan kelembagaan pengawas pemerintah daerah baik dari segi kelembagaan maupun peningkatan SDM yang handal dalam menjalankan sebagaimana diharapkan Pemerintah Pusat.

“Kita telah menjalankan roda pemerintahan sesuai rambu- rambu hukum namun dengan adanya rapat koordinasi antara Pemerintah Daerah melalui Aparat Pengawas Intern Pemerintah (APIP) bersama Aparat Penegak Hukum (APH) maka ke depan akan semakin sinergi dari proses hukumnya dalam mengisi dan menjalankan pembangunan di Kampar, ” ujarnya.

Asisten Pemerintah Sekretariat Daerah yang juga Plt Inspektorat Kabupaten Kampar Ahmad yuzar yang juga ikut hadir mendampingi Bupati menjelaskan, pembahasan soal sinergitas Pemerintahan yang disinergikan antara Aparat Pemeriksa Internal Pemerintah (APIP) Daerah dengan Aparat Penegak Hukum (APH) berkenaan tata kelola pemerintahan untuk percepatan pembangunan. Untuk Kabupaten Kampar telah menjalankan sebagaimana amanah Kemendagri yang saat ini menyelenggarakan rakor.

Ditambahkannya, rakor tersebut semakin sinkron dengan tujuan dan arah pembangunan, sehingga proses pembangunan daerah berjalan sesuai rambu-rambu dan regulasi yang ada dan dapat saling mendukung antara APIP daerah bersama APH diantaranya kepolisian, Jaksa atau pihak pengadilan.

Berita Terkait