Raja Rantau Kampar Kiri Nobatkan Kholifah Kenegerian Kuntu
post image

Raja Rantau Kampar Kiri Nobatkan Kholifah Kenegerian Kuntu

Kampar Kiri – Setelah menobatkan Kholifah Kenegerian Batu Songan beberapa waktu lalu, Raja Rantau Kampar Kiri (Gunung Sahilan)  H Tenggku Muhammad Nizar,SH,M.Hum yang dipertuan Agung kembali menobatkan Kholifah Kenegerian Kuntu Kholifah Adat Rantau Kampar Kiri.

Dimana penobatan Kholifah Kenegerian Kuntu Kholifah Adat Rantau Kampar Kiri By Herizal Datuk Bandaro tersebut dilangsungkan dirumah Soko Desa Kuntu Kecamatan Kampar Kiri, minggu (15/4/18).

Dalam Tahnia atau penobatan tersebut dimulai dengan pembacaan maklumat oleh Sekretaris Kerajaan Dt Tengku Herman dengan mendahulukan pembacaan sumpah penobatan oleh Raja, kemudian pemasangan Soluk topi kebesaran serta penyerahan keris kerajaan.

Raja Rantau Kampar Kiri usai penobatan dalam tunjuk ajarnya menyampaikan bahwa dalam kerajaan Gunung Sahilan terdiri dari Raja, 4 (empat) orang kholifah antara lain Kholifah Kenegerian Kuntu, Kholifah Ludai, Kholifah Songgan  serta kholifah Datuk.Bandaro.

Selain itu juga terdapat  6 (enam) orang besar kerajaan, 3 (tiga) panglima raja, Sekretaris Raja, Bendahara Raja serta para Ninik Mamak yang akan dinobatkan oleh Kholifah di luak masing-masing.

Tengku Nizar berharap dalam menjalankan  amanah sebagai kholifah, agar nantinya dapat menjalankan tugas sebagai kholifah dengan seadil-adilnya secara adat. Selain itu hendaknya juga dapat mejalin kerjasama dengan pemerintah setempat, Lembaga Adat Kampar (LAK) serta Lembaga Adat Melayu (LAM) Riau.

Untuk diketahui, Rantau Kampar Kiri (Gunung Sahilan)  saat ini sudah terdaftar dalam Persatuan Kerjaan Indonesia serta pada Majlis raja kesultanan Indonesia. Artinya Kerajaan Kampar sudah masuk dalam organsasi kesatuan kerajan Indonesia.”ungkap Tengku Nizar”.  

Sementara itu Bupati Kampar yang diwakili oleh Camat Kampar Kiri Agustar dalam maklumat menyampaikan harapan agar kholifah yang telah dinobatkan untuk terus menjaga “Adat Basondi Sorak Sorak Bersandikan Kitabullah”.

Mari kita berpangku tangan dan bersatu antara Ninik mamak dengan pemerintah, menjaga kebersamaan dengan para anak kemanakan serta yang paling terpenting menjaga tanah wilayat.

Hadir pada Tahniah tersebut ketua Lembaga Adat Melayu (LAM) Riau Sri Al Azhar, Ketua Lembaga Adat Kampar (LAK), Anggota DPRD Kampar Jamris dan Ramadhan serta para Kepala Desa se- Kampar Kiri.( Mzk).

Berita Terkait