Sosialisasi diisi dengan Pakta Integritas
post image

Sosialisasi diisi dengan Pakta Integritas

Kampar Utara (kamparkab.go.id) - Sosialisasi  Pembangunan Lima Pilar pembangunan yang ditaja oleh Bagian Humas Setdakab Kampar dikecematan Kampar kali ini diisi oleh penandatanganan Pakta Integritas antara tiga Kecamatan yakni Kecamatan Kampar, Kecamatan Rumbio Jaya dan kecamatan Kampar utara. Pakta Integritas ini memuat berbagai kewajiban Kepala Desa yang ada dikecamatan. (29-10)
 
Asisten Pemerintah Setdakab Kampar Ahmad yuzar menyampaikan bahwa Bupati Kampar H. Jefry Noer, SH, meminta kepada camat untuk memberikan pakta integritas antara Camat dengan Kepala Desa.

Ditambahkan Ahmad Yuzar isi pakta integritas ini memuat antara lain  mewajibkan seluruh pejabat yang ada di kabupaten kampar untuk menjalankan pakta integritas yang berisi untuk mematuhi seluruh peraturan pem serta mewajibkan camat untuk tinggal diwilayahnya.

"pakta integritas merupakan salah satu instrumen pengawasan masyarakat desa terhadap kades. saya mengharapkan kades menambah ilmu pengetahuan tentang peraturan pemerintah desa, hal ini wajib dilaksanakan sebab, kldengan pengetahuan yang didapat,kades mampu menjalankan pemerintah yang amanat. kades wajib menjalankan kepemerintahan selalu berkoordinasi dengan lembaga di desa, seperti BPD dan LPM desa"kata Ahmad Yuzar.

Dikatakan Ahmad Yuzar bahwa masyarakat merupakan target penyampaian dan kita sebagai aparatur negara merupakan penyampai dari semua program, kita sebagai aparatur pemerintah merupakan ujung tombak penyampaian informasi pembangunan. Ahmad yuzar juga mengatakan sosialisasi ini merupakan ajang silahturrahmi antara pemerintah pusat kabuten dengan masyarakat desa dan kecamatan.
 
selain itu juga sebagai ajang berbagi dan menyampaikan serta sebagai ajang tanya jawab antara masyarakat desa dengan pemdakab kampar. seterusnya adalah penyampaian seluruh program pemerintah dalam menyelenggarakan kepemerintahan di kabupaten Kampar ujarnya.

Ahmad Yuzar mengatakan kabupaten kampar mendapatkan bonus demografi, yakni dimana masyarakatnya bisa ditingkatkan perekonomiannya. Dalam peningkatan pelayanan masyarakat, dulu pejabat dilayani oleh masyarakat ujarnya.
 
Selanjutnya Ahmad Yuzar menlelaskan bahwa sekarang paradigma beralih dengan pejabat wajib melayani masyarakat. dan adanya transparansi informasi, masyarakat dapat hak untuk menuntut apabila informasi yang mereka butuhkan tidak terpenuhi. satu hal yang paling penting adalah adalah peningkatan ADD berkisar hampir 2 milyar rupiah, dalam hal ini diminta kepada kades untuk mendalami pengetahuan tentang pengelolaan keuangan desa papar Ahmad Yuzar.

Camat Kampar Farid Ridho menyampaikan bahwa kepala desa dan BPD serta UPTD banyak yg belum mengetahui seperti apa pelaksanaan Lima pilar ini. sangat minim sosialisasi kepada masyarak desa, masyarakat desa banyak yang belum mengetahuinya. melalui sosialisasi ini merupakan kesempatan untuk mengetahui lebih jauh tentang lima pilar ini.

Farid Ridho menambahkan dirinya mengajak serta menghimbau kepada peserta sosialisasi untuk bersungguh san serius mengikutinya. ini berguna untuk lebih memahami program yang sesungguhnya yang sedang dijalankan pemdakab kampar. serta yang lwbih penting adalah, setelah mengetahui program ini segeralah melaksanakan di desa tempat bertugas katanya.

Diakhir sambutannya Camat Kampar ini mengatakan kesempatan sosialisasir ini pula kita dapat mendapatkan masukan dan pencerahan buat kita semua dan program lima pilar ini wajib dilaksanakan oleh seluruh aparatur desa karena program ini diciptakan untuk kepentingan masyarakat juga. karena pelakaanaan program lima pilar merupakan tugas mulia dari pemdakab kampar papar Farid Ridho.

Kegiatan Sosialisasi Pembangunan melalui Forum Kehutanan dengan Masyarakat Di Kecamatan Kampar ini juga menghadirkan nara sumber dari Badan Pertahanan dan Ketahanan Pangan (BPPKP) Kabupaten Kampar Aliman Makmur. Kepala Badan ini menyampaikan materi tentang peningkatan perekonomian masyarakat. Di Kecamatan Kampar peserta undangan terdiri dari Kepala desa, BPD, LPM se kecamatan Kampar, sosialisasi kali ini jumlah peserta lebih dari 70 orang peserta.

Aliman Makmur menyampaikan bahwa kemiskinan di kabupaten kampar dapat diberantas berdasarkan kategori kemiskinan yang absolut atau berdasarkan pendapatan, maknanya kata Aliman Makmur pendapatan masyarakat di Kabupaten Kampar meningkat maka kemiskinan dipastikan dapat diberantas atau zero kemiskinan. ( Humas Kampar )

Berita Terkait