post image

Pakar Pertanian Minta Gudang Bulog Baru di Kawasan P4S Kampar

Kamparkab - Pakar pertanian nasional Dr Soemitro Arintadisastra menyarankan agar Pemerintah Pusat membangun gudang Badan Urusan Logistik (Bulog) di kawasan Pusat Pelatihan Pertanian Pedesaan Swadaya (P4S) Karya Nyata, Kecamatan Siak Hulu, Kabupaten Kampar.

"Kawasan ini merupakan sentral industri pertanian di Kabupaten Kampar yang merupakan daerah penghasil pangan terbesar di Provinsi Riau," kata Soermitro kepada pers lewat pesan elektronik yang diterima, Rabu (18/3) siang.

Bupati Kabupaten Kampar Jefry Noer membangun kawasan P4S sebagai pusat pelatihan segala bidang pekerjaan mulai dari menjahit, peternakan, perikanan hingga pertanian.

Kawasan tersebut sejauh ini telah berhasil "mencetak" ribuan pengusaha, petani dan peternak yang andal bahkan beberapa di antaranya telah menerima pendapatan miliaran rupiah per bulan.

"Saya tidak akan puas jika masih ada masyarakat Kampar yang miskin dan pengangguran. Target saya adalah zero kemiskinan, pengangguran dan rumah kumuh. Seluruh masyarakat Kampar harus sejahtera," kata Jefry Noer.

Dr Soemitro mengatakan pihaknya juga telah berkunjung ke kawasan P4S hingga menyatakan ketertarikan untuk membawanya ke daerah-daerah lainnya di Sumatera dan Kalimantan hingga Sulawesi.

"Kalau di Pulau Jawa sudah banyak lahan pertanian, namun juga akan dikembangkan program yang sama akan lebih baik," katanya.

Dr. Ir Soemitro Arintadisastra merupakan mantan Kepala Biro Perencanaan BP Bimas selama lima tahun (1989-1994) kemudian mantan Direktur Bina Program Tanaman Pangan dan Holtikultura selama lima tahun (1994-1997), Staf Ahli Menteri Pertanian (1997-2009) merangkap Komisaris PT Pertani (1995-2002).

Ia mengatakan, pihaknya juga telah menyampaikan keberadaan kawasan P4S ke Menteri Pertanian di Jakarta serta mengajak jajaran Kementerian Pertanian untuk berkunjung ke kawasan tersebut.

"Kawasan P4S sangat baik diterapkan di daerah lain karena menjadi sumber investasi segala bidang pekerjaan. Penciptaan SDM andal bisa dilakukan di kawasan ini," katanya.

Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman sebelumnya mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi program-program yang dijalankan Pemkab Kampar dalam upaya membantu pemerintah untuk mencapai swasembada pangan.

Dia mengatakan akan berkunjung kekawasan P4S Karya Nyata di Desa Kubang Jaya, Siak Hulu, Kampar untuk mengetahui ragam program bidang pertanian di sana. (humas)

Berita Terkait