Sampaikan Bahaya Narkoba, Ardo Duduk Merumput Bersama Puluhan Pemuda Salo
post image

Sampaikan Bahaya Narkoba, Ardo Duduk Merumput Bersama Puluhan Pemuda Salo

Kamparkab - Untuk memberikan kesadaran tentang bahaya narkoba dan bahaya sebagai pengedar narkoba, Ketua DPD  Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Kampar Rahmad Jevary Juniardo menemui puluhan pemuda di Dusun Sialang, Desa Salo, Kecamatan Salo, Senin (3/8/) sore.

Pertemuan itu  tampak berlangsung santai. Pria yang akrab disapa Ardo itu duduk di atas rumput bersama puluhan pemuda di alam terbuka. Kedatangan Ardo didampingi oleh Skretaris KNPI Tuafik Syarkawi serta bendahara DPD KNPI Kampar Khairul Azmi dan beberapa pengurus lainnya. Kedatangan Ardo dan rombongan disaat pemuda sedang bermain sepakbola.

Melihat rombongan KNPI datang, para pemuda sontak berkumpul dan menyambut rombongan KNPI kabupaten Kampar. Setelah berkumpul, tambah basa-basi, Ardo sapaan akrabnya langsung memulai pembicaraan, dengan diawali menyapa serta memperkenalkan namanya.

“Mirip Rido Rhoma,” ujar salah seorang pemuda yang tidak menganalnya secara spontan, kemudian disambut gelak tawa oleh pemuda yang lain yang memang sudah mengenal wajah Rahmad Jevary Juniardo.

Kepada pemuda Salo anggota DPRD Kampar yang juga Ketua Fraksi Demokrat DPRD Kampar itu  mengungkapkan, tinggkat penyalahgunaan narkoba di tengah masyarakat Kampar sudah sangat menghawatirkan, terutama di kalangan pemuda. Hal ini membuat DPD Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Kampar menyikapi untuk menyelamatkan pemuda dari belengggu narkoba.

Untuk itu, Ardo yang juga merupakan Ketua Gerakan Nasional Anti Narkotika (GRANAT) DPD Kampar itu memandang perlu mengambil  langkah kongkrit untuk membantu para pemuda yang sudah terlanjur terbelengggu oleh narkoba dengan datang langsung menemui pemuda yang sedang berkumpul di tempat mereka biasa berkumpul dan bersosilisasis sesama mereka.

Ardo mengingatkan tentang bahaya Narkoba yang bisa merusak kesehatan jiwa dan raga, dan tentunya juga merusak masa depan. Namun kata Ardo lagi, jika pun ada diantara pemuda yang sudah terlanjur menggunakan narkoba, KNPI sebagai wadah persatuan pemuda akan siap membantu untuk melepaskan belanggu dari Narkoba.

“Kita tidak akan menghakimi kawan-kawan pemuda yang telah memakai narkoba, justru kita siap untuk membantu kawan-kawan lepas dari belenggu jahat narkoba itu,” ujarnya meyakinkan.

Lebih lanjut Ardo mengatakan, bahwa pengguna narkoba pada umumnya banyak yang naik level menjadi pengedar Narkoba, serta bisa dibayangkan, bagaimana hancurnya hati para orang tua yang mengetahui anaknya yang ia harapkan melakoni sebagai pengedar narkoba.

“Hati orang tua mana yang tidak iba dan kecewa ada anaknya yang terjebak menggunakan Narkoba, apalagi sebagai pengedar narkoba, jika tertangkap, orang tua yang sangat terpukul mengahadapi kenyataan anaknya dipenjara dalam waktu yang lama,” ujarnya mengingatkan.

Untuk membantu siapa saja yang ingin lepas dari pengaruh narkoba, KNPI Kampar kata Ardo siap bekerja sama dengan Pemkab Kampar untuk memberikan bimbingan dan bantuan agar pemuda-pemuda terlibat Narkoba, namun  dengan kesadaran sendiri inigin terbebas dari barang haram itu, dengan memberikan pelatihan P4S Kubang Jaya.

Menurut Ardo, cara terbaik lepas dari narkoba adalah dengan mempunyai kegiatan positif untuk mengisi waktu. Salah satu saat ini yang bisa dilaksanakan adalah program rumah tangga mandiri pangan dan energi RTMPE yang digagas Bupati Kampar dan sangat menjanjikan secara ekonomi.

“Kita tidak ingin banyak bicara lagi, silahkan saja buktikan manfaat RTMPE itu, jika mau mempalajarinya, saya yakin kawan-kawan mau dengan terhormat lepas dari narkoba dan mau mengikuti RTMPE untuk mendapatkan keuntungan secara ekonomi, datang dan lihat dulu ke sana,” tegas Ardo.
 
Ketua Pemuda Dusun Sialang Syahrul kepada wartawan mengungkapkan, bahwa mereka  sangat gembira dengan kedatangan rombongan KNPI Kampar. "Kami sangat terharu mendapat prioritas Bung Ardo dan kawan-kawan, dari sekian banyak desa yang ada di Kampar ini,” pungkasnya.(rya)


Berita Terkait