Eva Serahkan Akte Kelahiran Gratis
post image
Kunjungan Kerja Ke Siak Hulu

Eva Serahkan Akte Kelahiran Gratis

Kamparkab-Memasuki masa tugas tahun ketiga, Pjs Kepala Desa Baru M Haris bersama masyarakat menggelar syukuran. Rangkaian kegiatan syukuran sekaligus diisi dengan penyerahan Akte Kelahiran Gratis untuk 100 anak.

Syukuran tersebut dihadiri oleh Ketua TP PKK Kabupaten Kampar Hj  Eva Yuliana, dan sekaligus Eva menyerahkan Akte kelahiran kepada perwakilan warga di halaman Kantor Desa Baru Kecamatan Siak Hulu, Rabu (25/2).

            Dalam sambutannya, Eva mengatakan, seharusnya masyarakat merasa bangga dengan sosok kepala Desa Desa Baru ini, walaupun masih Pjs tapi sudah bisa membuat gebrakan yang luar biasa.  "Dalam waktu 3 tahun sudah banyak yang diperbuat untuk masyarakat, terutama banyaknya pembangunan di Desa" kata Eva.

            Eva pun mengatakan, sebenarnya tidak ada pilih kasih pemerintah daerah terhadap kepala Desa, yang terpenting kepala desa betul-betul mau membangun untuk masyarakatnya dan mau jemput bola ke kabupaten. "Tidak akan tercapai program pemerintah daerah kalau kades nya tidak mendukung dan hanya menunggu saja" terangnya.

            Tapi apa yang sudah diperbuat M Haris ini juga mendapat sedikit kritikan, Eva melihat disekeliling kantor ini tidak ada tanaman cabe, bawang dan jahe. Padahal kadesnya sudah ikut pelatihan P4S di Kubang Jaya. “Seharusnya diterapkan dulu di lingkungan tempat bekerja sehingga masyarakat yang datang ke Kantor Desa dapat melihat dan  menerapkannya juga dirumah, "ungkap Eva.

            Eva juga mengharapkan kepada Ketua TP PKK Kecamatan dan ketua TP PKK Desa supaya memanfaatkan halaman pekarangan rumahnya, hal ini upaya untuk mendukung program pemerintah swasembada pangan di Desa bulan Juni mendatang.

            Untuk pembagian akte Kelahiran gratis turut mendukung progam lima pilar pembangunan terutama meningkatkan sumber daya manusia, karena kalau anak mau masuk sekolah sekarang harus ada Akte Kelahiran. "Selama ini yang saya dengar pengurusan Akte Kelahiran dibayar, padahal tidak ada sama sekali" kata Eva.

            Sementara itu Camat Siak Hulu Fajri Adha menambahkan sebenarnya banyak yang dikeluhkan masyarakat sekarang jarak tempuh dari Desa  ke ibukota Kabupaten, contohnya saja dari kecamatan Siak Hulu Ke Kota Bangkinang, pengurusan Akte memang gratis, tapi masyarakat merasa terbebani dari jarak tempuhnya yang jauh sehingga memerlukan biaya yang besar. "Jadi ini yang harus kita cari solusi bersama, mungkin ada baiknya pengurusan seperti Akte bisa di kecamatan saja, pengurusannya bisa di UPTD terkait,"tambah Fajri.(Humas)

Berita Terkait