post image
Bupati Tanya Jawab Peserta Diklat P4S

Inilah Kunci Sukses Dari Jefry Noer

Kamparkab - Untuk sukses dan jadi orang berhasil kuncinya bukan sudah memiliki modal atau lahan yang luas, tetapi dengan ilmu pengetahuan, keseriusan berusaha, kerja keras dan yang terpenting menjalankan perintah Allah dan Sunnah Rosul, kemudian kalau dapat uang perbanyak sedekah dan membantu kemajuan agama; "Niscaya akan aku angkat derajatmu," itu janji Allah.

Hal itu disampaikan Bupati Kampar Jefry Noer di damping Plt Kepala Dinas Peternakan Zulia Darma usai memberikan arahan peserta diklat jurusan peternakan dan  perikanan pada Sabtu (21/3) di lokasi Diklat Pusat Pelatihan Pertanian Pedesaan Swadaya (P4S) Kubangjaya, dimana sebelumnya bupati melakukan peninjauan lokasi Rumah Tangga Mandiri Pangan dan Energi (RTMPE).

Ia menambahkan, kalau sudah selesai diklat P4S, segera ajukan pinjaman dengan melengkapi syarat pinjaman, agar dapat modal usaha, melalui pinjaman dana bergulir atau pinjaman KKPE.

Jefry melanjutkan dengan menanyai peserta diklat, ada yang ragu dapat maju di P4S, kalau ada segera tanyakan apa masalah agar ada solusi,ucap Jefry.

Gusman dari Kampar kiri menanyakan soal biaya pembuatan Surat Keterangan Tanah (SKT) karena dirinya tidak mempunyai SKT hanya lahan saja sedangkan modalpun tak ada, karena dirinya dapat info dari kawan alumni P4S yang lulus 10 besar dapat bonus pembuatan SKT gratis, tetapi bagaimana kalau saya tidak dapat masuk dalam kelulusan 10 besar, pak ujar Gusman.

Pinjaman modal usaha intinya bagaimana cara mendapat modal bukan harus memiliki tanah atau lahan, tetapi dengan bekal ilmu yang dimiliki, kepribadian baik, tentu nanti ada kawan yang percaya dan mau membantu, kata Jefry memberi semangat termasuk bagi peserta yang tidak punya agunan.

Itulah gunanya kelompok, melalui kelompok akan saling membantu, tentunya dengan catatan yang bersangkutan dapat dipercaya, karena itu berprilaku lah baik, rajin bekerja sehingga kawan di kelompok dapat yakin dan percaya pada kita sehingga mau membantu.

M Kusno dari kelas perikanan Kecamatan Tambang menanyakan kalau mau belajar ilmu peternakan atau pertanian, apa bisa pak ? Jefry langsung menjelaskan, bisa belajar diluar jam pelajaran untuk mengerti dunia peternakan atau pertanian.

Kepada instruktur P4S, Jefry berpesan untuk angkatan tahun 2015, harus diarahkan betul peserta diklat, untuk bisa menjadi petani sukses, yang penting kualitas peserta diklat harus benar-benar siap dan mengerti di bidang pertanian terpadu, bukan jumlah kelulusan yang banyak untuk diutamakan.

Kuncinya keseriusan berusaha, tidak takut dengan kegagalan,karena kegagalan merupakan keberhasilan yang tertunda dan ini harus ditanamkan dalam diri alumni P4S,ungkap Jefry memberi semangat peserta diklat.(Humas Kampar/KF)

Berita Terkait