post image

Masyarakat Desa Kualu Dan Mahasiswa KKN Unilak-Riau Sambut Ramadhan Dengan Gotong Royong

Tambang (Kamparkab.go.id) - Dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan 1435 H masyarakat Desa Kualu Kecamatan Tambang bersama Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Lancang Kuning Riau melaksanakan gotong royong bersama. Minggu, 22/6
Sekdes Kualu  Jasri Karim mengatakan bahwa merasa sangat terbantu dengan adanya KKN Mahasiswa dari Universitas Lancang Kuning Riau ini karena dapat meringankan beban kerja baik aparatur desa maupun masyarakat sendiri.


"Kita merasa para Mahasiswa betul-betul dapat melaksanakan kerja nyata baik dibidang sosial, agama maupun berbagai kegiatan termasuk administrasi kantor desa, mudah-mudahan hal ini dapat menjadi tolak ukur dan panutan masyarakat sebab dengan penuh semangat mereka membantu masyarakat" tutur Jasri.


Dosen Pembimbing Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Kuning Drs M Rusly M.Si menjelaskan bahwa memang tujuan dari KKN Mahasiswa ini merupakan wujud nyata pengimplementasian ilmu yang didapat dari bangku kuliah selama ini sehingga nantinya dapat membantu pelayanan masyarakat melalui berbagai kegiatan baik itu sosial kemasyarakatan, agama dan sistem administrasi pelayanan masyarakat.


"KKN mahasiswa semester VI Unilak ini merupakan wujud nyata pengimplementasian ilmu yang didapat dari bangku kuliah selama ini sehingga nantinya dapat membantu pelayanan masyarakat melalui berbagai kegiatan baik itu sosial kemasyarakatan, agama dan sistem administrasi pelayanan masyarakat".tutur Rusly


Kita mengharapkan lanjut Rusly KKN ini mendapatkan hasil yang timbal balik baik itu dari masyarakat, aparatur desa dan mahasiswa sehingga mampu memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat dan melancarkan roda pemerintahan desa.


Bagi mahasiswa sendiri akan mendapatkan ilmu yang paling berharga yakni lebih mengetahui sistem administrasi pemerintahan desa yang dilaksanakan dilapangan sebagai perbandingan dengan ilmu yang didapat di bangku kuliah".ucap Rusly


Tinjauan dilapangan, selain para mahasiswa ini membersihan halaman kantor desa, ruang kantor desa dan mengecat pagar kantor desa, mereka juga membersihkan mesjid dan mushola serta jembatan yang nantinya tempat masyarakat melaksanakan tradisi menyambut Bulan Suci Ramadhan yakni "balimau Kasai" serta membersikan jalan menuju mesjid dan mushola.


"Kita coba mensinergikan kegiatan masyarakat dan  aparatur desa dengan kegiatan para mahasiswa sehingga dengan demikian diharapkan KKN ini betul-betuk bermakna dan bermanfaat bagi masyarakat.


Lebih lanjut Rusly menyampaikan kegiatan yang dilaksanakan yakni pembinaan masyarakat, pembinaan kebersihan lingkungan, pembinaan olahraga pemuda, serta pembinaan administrasi pemerintahan desa.(Humas Kampar)

Berita Terkait