post image

Pemda Kampar Komit Majukan Sektor Pertanian

Tambang - Dengan melihat begitu jauh kurangnya persentase ketersedian pangan dengan kebutuhan pangan beras di Kabupaten Kampar, dimana sejauh ini ketersedian beras hanya lebih kurang 30%. Artinya 70% beras saat ini masih diimpor dari daerah lain.

Dengan demikian sudah sepantasnya saat ini kita kembali harus membangkitkan disektor Pertanian, untuk itu mulai saat ini Pemerintah Daerah (pemda) Kabupaten Kampar berkomitmen meningkatkan sektor pertanian khususnya Padi, Jangung dan Kedelai (Pajale).

Hal tersebut disampaikan Bupati Kampar H Azis Zaenal,SH,MM pada acara Pencanangan Penanaman Jagung Dengan Olah Tanah Mekanisasi Pertanian di lahan Gapoktan Berkah Bersama Desa Rimbo Panjang Kecamatan Tambang, selasa sore (21/11).

Usai melakukan pembajakan lahan dan penanaman Jagung, Azis Zaenal menjelaskan, bahwa dalam beberapa bulan ini pemda Kampar telah memberikan bantuan peralatan modrernisasi pertanian dan bantuan lainnya kebeberapa daerah, hal ini dilakukan agar masyarakat lebih mudah mengolah lahan dengan tenaga yang sedikit hasil yang luas.

Dalam menggunakan alat modrenisasi, kemudahan dan hasil yang diperoleh masyarakat dalam bertani akan lebih meningkat serta minat masyarakat bertani juga akan meningkat, dengan demikian secara otomatis hasil pertanianpun pasti meningkat.

Makanya ucapan terimakasih kepada Kemenrtian Pertanian RI, Dinas Pertanian TPH Provisnsi Riau,  Dinas Pertanian TPH Kampar, Para Penyuluh, para Gapoktan serta masyarakat yang selalu terus bersama berupaya dalam meningkatkan sektor pertanian.

Semoga dengan cara mekanisme pertanian menggunakan alat mekanisami untuk pertanian di Kampar,  produksi Padi, Jagung dan Kedelai (pajale) nantinya, saya yakin Kampar kedepan akan lebih maju dari daerah lain, hal ini bukan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Kampar, syujur-syujur juga bisa swasembada nantinya.”terang Azis”.

Sementara itu Kepala Dinas Pertanian TPH Kabupaten Kampar Henry Dunan, bahwa pada tahun 2018 nantinya Pemda Kampar akan menerima bantuan 1000 hektar dalam bentuk beberapa  jenis peralatan pertanian, bibit, pupuk serta racun pembunuh hama.

Pada  kesempatan tersebut Dinas Pertanian Kabupaten Kampar melalui Bupati Kampar secara simbolis menyerahkan bantuan berupa hadiah Fasilitasi Peralatan Pendukung Cultivator dan 12 Handsrayer, Penyerahan Lomba Pengembangan Tanaman Cabe terbaikseluas 38 hektar, Penyerahan 36 ribu batang bibit cabe serta penyerahan Poly Asuransi Pertanian Jasindo kepada Gapoktan.(Mzk).

Berita Terkait