kamparkab.go.id - Portal Kabupaten Kampar

Geografi dan Demografi

Aspek Geografi dan Demografi         

Pembahasan mengenai Aspek Geografi dan Demografi berisikan tentang kondisi umum geografi daerah, potensi pengembangan wilayah, dan wilayah rawan bencana. Dalam bagian ini, dijelaskan pula mengenai kondisi demografi seperti ukuran, struktur dan distribusi penduduk.

1.1.Luas dan Batas Wilayah Administrasi                       

Kabupaten Kampar merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Riau.  Kabupaten Kampar terdiri dari 21 Kecamatan dan 250 desa/kelurahan. Kecamatan yang berada di Kabupaten Kampar yaitu Kampar Kiri, Kampar Kiri Hulu, Kampar Kiri Hilir, Gunung Sahilan, Kampar Kiri Tengah, XIII Koto Kampar, Koto Kampar Hulu, Kuok, Salo,  Tapung, Tapung Hulu, Tapung Hilir, Bangkinang Kota, Bangkinang, Kampar, Kampar Timur, Rumbio Jaya, Kampar Utara, Tambang, Siak Hulu, dan Perhentian Raja. Jumlah Kelurahan dan Desa Menurut Kecamatan di Kabupaten Kampar tersaji pada Tabel 6.

Luas wilayah Kabupaten Kampar adalah 11 289,28 km2. Kecamatan Tapung mempunyai luas wilayah terbesar yaitu 1 365,97 km2 atau sekitar 12,1 persen dari luas wilayah Kabupaten Kampar sedangkan Kecamatan Rumbio Jaya mempunyai luas wilayah terkecil yaitu 76,92 km2 atau sekitar 0,7 persen dari luas wilayah Kabupaten Kampar. Untuk luas wilayah menurut kecamatan tersaji pada Tabel 7.

Secara administratif Kabupaten Kampar memiliki batas-batas wilayah sebagai berikut: 

1. Sebelah utara berbatasan dengan Kota Pekanbaru dan Kabupaten Siak.

2. Sebelah selatan berbatasan dengan Kabupaten Kuantan Singingi.

3. Sebelah barat berbatasan dengan Kabupaten Rokan Hulu dan Provinsi Sumatera Barat.

4. Sebelah timur berbatasan dengan Kabupaten Pelalawan dan Kabupaten Siak.