Penyelesaian Sengketa Informasi

Mekanisme  Penyelesaian Sengketa Informasi:
1.PPID akan menolak memberikan informasi publik yang tidak sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan, dengan prosedur sebagai berikut:
•PPID mempersiapkan daftar pemohon dan/atau pengguna informasi yang akan ditolak;
•PPID mengadakan rapat koordinasi dengan melibatkan SKPD yang terkait paling lambat 3 hari kerja setelah surat permohonan diterima PPID;
•Hasil keputusan rapat koordinasi dituangkan dalam berita acara yang ditandatangani oleh seluruh peserta rapat;
•Hasil keputusan rapat didokumentasikan secara baik.

2.PPID akan memberikan tanggapan atas keberatan yang disampaikan pemohon informasi publik secara tertulis:
•PPID mempersiapkan daftar keberatan yang disampaikan pemohon dan/atau pengguna informasi;
•PPID mengadakan rapat koordinasi dengan melibatkan SKPD yang terkait paling lambat 3 hari kerja setelah surat permohonan diterima PPID;
•Hasil keputusan rapat koordinasi dituangkan dalam berita acara yang ditandatangani oleh seluruh peserta rapat;
•Hasil keputusan rapat didokumentasikan secara baik.

3.Penyelesaian sengketa informasi
•PPID menyiapkan bahan-bahan terkait sengketa informasi;
•PPID menyusun kajian dan pertimbangan hukum untuk disampaikan kepada Atasan PPID;
•Pada saat sengketa informasi berlanjut ke Komisi Informasi, PTUN, dan MA, maka PPID melakukan pendampingan hukum untuk penyelesaian sengketa informasi